Buku Pengelolaan Keuangan: Penting Nggak Sih?Β 

Mengelola keuangan itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang kalau kita punya uang nggak terbatas, tapi susah kalau kondisi sebaliknya. Hahaha… πŸ˜‚Keterampilan dalam mengelola keuangan itu menurutku adalah salah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki setiap orang. Tapi sayangnya banyak orang yang kurang peduli sama keterampilan satu ini. Kebanyakan dari kita cuma belajar gimana caranya dapetin uang sebanyak-banyaknya, tapi justru mengabaikan pelajaran tentang cara menggunakan uang dengan bijak. 

Dulu aku juga pernah mengabaikan pelajaran penting dan berharga ini. Efeknya baru terasa waktu aku udah kerja dan punya pendapatan sendiri. Bingung aja gitu, kemana perginya gajiku bulan kemarin? Boro-boro mikirin soal investasi, pertumbuhan saldo tabunganku aja lambat banget lah.. πŸ˜‚

Jadi mikir juga, bahwa aku harus baca-baca artikel atau buku tentang pengelolaan keuangan. Tapi nggak tau harus mulai dari mana. πŸ˜… Untungnya waktu itu temen deketku (sekarang suami) cerita soal buku pengelolaan keuangan yang baru selesai dia baca. Judulnya catchy banget: Habiskan Saja Gajimu!! 

Waktu baru dipinjemin bukunya, awalnya aku agak ogah-ogahan buat baca. Secara ya, tema pengelolaan keuangan tuh kayaknya kok berat aja gitu. Padahal setelah dibaca, malah keterusan bacanya karena emang seru dan aplikatif, aku dapet banyak wawasan baru yang bisa diterapkan ke kehidupanku.

Sehabis baca satu buku pengelolaan keuangan ini, rasanya jadi pengen baca buku-buku yang serupa terus dan pengen praktekin hal yang aku baca.. Jadi semenjak saat itu, aku doyan beli dan baca buku tentang pengelolaan keuangan. 

    Semakin banyak aku baca buku-buku soal pengelolaan keuangan, aku semakin sadar bahwa cara aku mengelola uang selama ini tuh salah banget. Sedikit demi sedikit aku mulai memperbaiki cara aku dalam mengelola keuangan dan hasilnya cukup signifikan dan bikin aku jauh lebih bahagia meskipun jumlah pendapatan aku sama. Yeiyy! Jadi ternyata it’s not about the number yang bikin aku lebih bahagia, tapi the way i manage my money

    Nah, sekarang kalo aku ditanya, penting nggak sih baca buku tentang pengelolaan keuangan? Jawabanku jelas penting banget ya. Karena dengan baca buku-buku semacam ini aku jadi punya tujuan keuangan yang jelas, dan tau apa yang harus aku lakukan buat sampai ke tujuanku itu. 

    Dari beberapa buku pengelolaan keuangan yang udah aku baca sampai saat ini, top three yang paling mempengaruhi hidupku diantaranya:

    1. Habiskan Saja Gajimu!! (Ahmad Gozali)
    2. Make It Happen! (Prita Ghozie)
    3. Menjadi Cantik, Gaya, & Tetap Kaya (Prita Ghozie) 

    Highlight dan pelajaran berharga yang aku ambil dari masing-masing buku bakalan aku jelasin satu-satu di blogpost selanjutnya ya.. Kalo kamu, buku apa aja yang inspiratif buatmu dalam hal pengelolaan keuangan? Share di comment ya..πŸ˜‰

    Advertisements

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s