Resep Baso

Dari sekian banyak resep baso yang ada di internet, beberapa udah pernah aku cobain tapi berakhir dengan tekstur baso yang terlalu kenyal. Ujung-ujungnya malah jadi kaya cilok. šŸ˜“

Suatu waktu Arfa pernah mogok makan. Kebetulan aku lagi mau pesen Baso Sehat Atomik buatku. Terus aku iseng nyobain pesen satu porsi tambahan buat Arfa, siapa tau dia mau makan yang beda dari biasanya. Dan surprisingly Arfa lahap banget makannya! šŸ˜‘ Dasar anak bayi.. 

Nggak terlalu lama dari kejadian itu, ada salah satu teteh di forum ITB Motherhood yang sharing resep baso. Namanya Teh Mariana Rahmasari. Ngeliat Arfa yang lahap makan baso waktu itu, jadinya aku kepikiran buat bikinin baso buat Arfa. Kalo beli di luar kan pertama kita nggak tau betul bahan-bahannya apa aja. Ya emang sih judulnya baso sehat. Tapi kalo bisa bikin sendiri kan kenapa enggak ya.. Bisa sekalian berhemat juga kan.. šŸ˜›

Waktu trial pertama, dari segi rasa dan tekstur aku rasa udah sukses! Bahkan teksturnya lembut kaya Baso Sehat Atomik. Jadi Arfa bisa makan (saat itu umur Arfa udah mau 13 bulan), tapi tetep dipotongin kecil-kecil dulu. Kalo dari segi bentuk sih jangan ditanya.. Bentuknya masih payah, ada yang gede ada yang kecil. šŸ˜… Padahal cara bikinnya udah niruin gaya abang-abang baso.. 

Ini hasil trial pertama kita.. Langsung nyoba bikin baso bakar juga karena basonya lumayan banyak. šŸ˜šŸ˜šŸ˜

Untuk resepnya, aku publish disini buat dokumentasi aku juga. Sekali lagi, resepnya aku dapetin dari Teh Mariana Rahmasari ya.. 

Bahan:

  • 250 gr ayam giling* (masukkan kulkas dulu supaya dingin) *kalau mau bikin baso sapi, pakenya daging sapi giling ya
  • 50 gr tepung sagu (1/3 cup)
  • 1/2 sdt garlic powder (bisa juga diganti 2 siung bawang putih) atau sesuai selera
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
  • 1/2 sdt kaldu (kalau saya pakai kaldu jamur) atau sesuai selera
  • 1 butir telur kocok
  • 1 tray es batu
  • 1/4 sdt baking soda

Cara Membuat:

Campur semua bahan, bentuk adonan menggunakan sendok kecil, masukkan ke dalam air panas di atas api kecil, dan tunggu sampai mengapung. 

Cukup simple kan ya bahan-bahan dan cara bikinnya.. Kalo aku bikinnya pake food processor supaya hasilnya lebih halus, lebih merata, dan lebih gampang aja.. Selamat mencoba ya.. šŸ˜šŸ˜šŸ˜

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s