DIY Playdough

Kemarin, subuh-subuh bangun tidur Arfa udah super cranky. Kalo udah cranky gini udah nggak mungkin bisa disambil masak dan nyiapin sarapan. Maunya nempel terus sama Bundanya, 100% perhatian cuma boleh buat Arfa seorang. Apa boleh buat, akhirnya Bunda dan Ayah harus ngalah. Ayah siapin sarapan sendiri pake sereal. Bunda temenin anak bayi main-main, bikin sarapan Arfa pun ditunda dulu. 

Salah satu tempat main kesukaan Arfa adalah: dapur. Anteng banget pokoknya kalo udah ngoprek peralatan masak. Biar Arfa mau duduk tenang dan nggak nangis-nangis rewel terus minta gendong, Bunda putuskan kita bikin-bikin playdough. Nggak perlu waktu lama, setelah ngeliat mixing bowl Arfa langsung tertarik buat duduk sendiri. 

Bikin playdough ini sebenernya nggak susah. Tapi kalo anak bayi ikutan bikin, ya siap-siap aja kerepotan dan kotor-kotoran.

Bahan-bahan buat bikinnya juga sederhana, kemungkinan besar sih semua bahannya selalu ada di rumah ya:

  • 2 cup tepung terigu
  • 1 cup air
  • 1/2 cup garam
  • 2 sendok makan minyak
  • pewarna makanan

Kalo aku pas bikinnya semua bahannya dicampur kecuali pewarna makanannya. Terus dari resep itu, kalo aku sih sambil nyampur adonannya sambil aku tambahin tepung terigu lagi sedikit demi sedikit sampe teksturnya enak dipegang dan nggak lengket. Setelah adonannya jadi, adonannya aku bagi empat terus aku tetesin pake pewarna makanan dengan warna beda-beda. 

Kalo playdough nya udah jadi, bisa dimainin dengan berbagai caraaa! Tapi karena Arfa belom terlalu ngerti, jadinya aku cuma siapin cookie cutter aja. 

Anyway, ternyata Arfa lebih tertarik sama proses bikin-bikin playdough nya ketimbang mainin playdough yang udah jadi. 😂 Seneng riweuh kotor-kotorannya, ya Yang? 😅 

Oh iya, kalo playdough nya mau disimpen buat dimainin lagi nanti, playdough nya bisa dibungkus pake plastic wrap ya biar nggak kering.. Selamat mencoba, Mommies.. 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s