Tips Konmari Method: sort by category, not by location

Marie Kondo bilang, “Tidying up by location is a fatal mistake.”

Ngacung kalo selama ini kamu suka beres-beres berdasarkan lokasi! Aku banget ini. Misalnya, minggu ini aku berencana beresin dapur, terus minggu depan beresin kamar. 

Setelah baca buku Marie Kondo, aku jadi tau bahwa ternyata beres-beres berdasarkan lokasi itu kaya perangkap yang bikin kita nggak kunjung selesai beres-beresnya. Gimana enggak, soalnya orang pada umumnya tuh (termasuk aku) sering nyimpen suatu jenis barang yang sama di lebih dari satu lokasi. 

Di saat kita beresin setiap lokasi satu per satu secara terpisah, kita tuh nggak sadar bahwa kita terus mengulang pekerjaan yang sama di beberapa lokasi. Akhirnya kerjaan beres-beres berasa kaya nggak selesai-selesai.

Contoh nih ya.. Aku naro stationery di beberapa lokasi: di kamar, di lemari bawah tangga, dan di lantai atas. Waktu beres-beres kamar aku udah nyortir dan rapiin stationery. Terus giliran beres-beres lemari bawah tangga aku nemu lebih banyak stationery. Dan nggak selesai sampai situ, waktu beres-beres lantai atas pun aku nemu stationery lagi. Rasanya kerjaan beres-beres jadi kaya nggak selesai-selesai ya, nemu itu lagi itu lagi. πŸ˜₯

Nah, buat mencegah itu semua, makanya Marie Kondo merekomendasikan untuk beres-beres berdasarkan kategori. Contohnya, hari ini beresin semuuua pakaian, besok beresin semuuua buku. 

Keep reading ya! Aku masih bakalan posting lebih banyak hal terkait Konmari Method. 😁

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s