Tips Konmari Method: tidying must begin with discarding

Pernah nggak kamu rapihin barang-barang yang ada di rumah kamu, sampe sengaja beli banyak banget kotak penyimpanan barang (storage box), tapi nggak lama setelah selesai rapihin barang, semua storage box yang kamu punya udah full aja saking banyaknya barang di rumah kamu. Akhirnya kamu ngerasa harus beli lebih banyak storage box lagi. Ini kasus aku banget di awal nempatin rumah baru. Dan lagi-lagi, Marie Kondo got the point

​Marie Kondo bilang, “Putting things away creates the illusion that the clutter problem has been solved.” 

Sekedar mengatur penyimpanan barang yang kita punya itu nggak menyelesaikan masalah utama dari rumah yang berantakan. Sesaat setelah rapih-rapih dan ngatur tata letak barang emang bikin rumah kita rapih untuk sementara waktu. Tapi nggak lama setelah itu pasti bakalan berantakan lagi. 

Makanya kalo kata Marie Kondo, beres-beres itu harus diawali dengan menyingkirkan barang-barang yang nggak penting. Ini bagus banget buat berlatih mengendalikan diri kalo kata aku sih. Jadi barang-barang yang ada di rumah kita tuh bener-bener cuma barang yang kita butuhkan atau yang kita suka. 

Marie Kondo bilang, orang yang nggak bisa selalu rapi itu terbagi ke dalam 3 tipe personality:

  1. Can’t-throw-it-away type
  2. Can’t-put-it-back type
  3. First-two-combined type alias can’t-throw-it-away, can’t-put-it-back type

Kebanyakan (90%) masuk ke kategori nomor 3. Can’t-throw-it-away itu masalah besar aku banget. Suka galau gitu kalo mau nyingkirin barang yang aku punya. Entah mau didonasikan atau dibuang, rasanya berat aja gitu buat lepas sama barang punyaku. Bahayanya dari orang tipe kaya gini adalah mereka bakalan punya banyak banget barang dan tempat penyimpanan yang ada nggak bakalan cukup saking banyaknya barang. Kabar baiknya, sekarang sih aku udah lebih tegaan. Soalnya Konmari Method tuh metode beberes yang menuntut kita buat afgan banget alias sadis. πŸ˜‚

Back to topic. Apapun tipe personality nya, aturan dari Marie Kondo tetep sama: “tidying must begin with discarding”.

Marie Kondo bilang, “Effective tidying involves only two essential actions: discarding and deciding where to store things. Of the two, discarding must come first.” Itu dia prinsip dasarnya. Mantep banget ya..

Untuk dapetin hasil terbaik dalam beres-beres, Marie Kondo menekankan untuk ngikutin aturannya: “Tidy in the right order.”

Secara cuma ada dua tugas utama yang harus dikerjain: menyingkirkan barang yang nggak diperlukan (discarding) dan memutuskan mau nyimpen barang yang diperlukan dimana (deciding where to keep things). Cuma dua tugas utama itu aja, dan discarding HARUS dikerjain lebih dulu. Pastiin untuk ngerjain tugas pertama dulu sampe bener-bener selesai sebelum lanjut ke tugas yang kedua. 

“Do not even think of putting your things away until you have finished the process of discarding.” 

Kalo nggak ngikutin urutan tugas di atas, bisa-bisa kerjaan beberesnya nggak maju-maju. Kalau di sela-sela lagi discarding malah mikirin mau naro barang dimana ya nanti, yang ada kerjaannya jadi lebih lama selesainya karena harus berhenti buat mikir dulu. 

Intinya, rahasia sukses dari beres-beres adalah dilakukan dalam satu tembakan, secepat mungkin, dilakukan secara menyeluruh, dan dimulai dengan menyingkirkan barang yang nggak diperlukan. 

Gimana? Masih excited kan ya baca-baca soal Konmari Method? Tunggu postingan selanjutnya yaaa.. Semoga kamu makin semangat buat beres-beres setelah baca postingan ini. Aku nulisnya dikit-dikit supaya cepet dan nggak bikin anak bayi bete.. Dan karena aku menghargai channel capacity juga.. Hehehe.. Keep reading ya! 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s