Sebelum Memulai Konmari Method, Visualisasikan Dulu Tujuan Kamu! 

Menentukan tujuan bikin kita makin semangat dalam ngerjain sesuatu. Setuju nggak? 

Di saat aku memutuskan buat baca buku The Life Changing Magic of Tidying Up, pastinya aku udah punya keinginan untuk beres-beres. Tujuannya supaya rumah aku bisa rapih, enak diliat, enak ditempatin, dan nyaman. Tapi.. Yakin tujuan akhir aku cuma sampe di situ? Terlalu mainstream dan klise nggak sih hal yang aku sebutin tadi? 

Kalo gitu aku bikin lebih detail ya.. Ini visualisasi dari tujuan yang pengen aku capai:

Kegiatan bersihin rumah sehari-hari jadi lebih gampang dan cepet karena nggak ada barang berserakan yang ngehalangin jalan dan jadi sarang debu. Aku jadi lebih fokus dan punya waktu main lebih lama bareng anakku tanpa mikirin soal bersih-bersih atau beres-beres rumah. Aku bisa explore lebih banyak resep masakan baru tanpa ragu karena semua kitchen utensils bener-bener cuma sejangkauan tangan, nggak perlu dicari sampe ngubek-ngubek sana-sini. Belajar baking would be on my list, for sureRumahku jadi nyaman banget dan bikin anak, suami, dan aku sendiri betah berlama-lama di rumah. Nggak perlu keseringan mikirin jalan-jalan ke mal, nginep di hotel, atau makan di restoran. Dan aku.. Aku punya lebih banyak waktu, lebih banyak space di kepala dan di rumah untuk ngelakuin hal-hal baru: watercoloring, blogging, cooking, baking, dan lebih fokus ngurusin bisnis yang lagi aku jalani saat ini. Nggak ada lagi cerita tentang beres-beres besar di akhir pekan pokoknya. Weekend hanya untuk menikmati waktu kebersamaan sama keluarga. 

Kalo kamu, kaya apa sih visualisasi tujuan yang pengen kamu capai? 

Leave a Reply

