Tips Konmari Method: make tidying a special event, not a daily chore

“Tidying is a special event. Don’t do it every day.”

Pertama kali baca kalimat itu, aku sih skeptis ya. Masa iya dengan Konmari Method, kita cuma perlu beres-beres sekali doang untuk jangka waktu yang sangat lama. 

Jadi kata Marie Kondo, beres-beres itu ada dua tipe. Yang pertama daily tidying, contohnya kita pake suatu barang terus setelah selesai pake kita balikin lagi ke tempatnya. Kalo ini sih pastinya dikerjain tiap hari ya sepanjang kita perlu pake baju, perlu baca, perlu masak, dan sebagainya. 

Nah yang kedua namanya special event tidying. Kalo yang special event tidying itu ya yang udah kita bahas dari sebelum-sebelumnya.. Yang intinya adalah discarding and storing things

Jadi kalo beres-beresnya bener-bener saklek ngikutin Konmari Method, kamu nggak perlu repot-repot ngulang kegiatan beres-beres lagi dalam jangka waktu yang lama. Kamu jadi bisa punya lebih banyak waktu buat menikmati hal yang ada di sekeliling kamu, bisa menyalurkan hobi, bisa quality time sama keluarga, duuuh bahagia banget ya.. 

“…Although not large, the space I live in is graced only with those things that speak to my heart. My lifestyle brings me joy.” ⇦⇦⇦ ini life goal banget! 

Mulai dari sini, sedikit-sedikit aku ngerti arahnya kenapa judul bukunya Marie Kondo adalah The Life Changing Magic of Tidying Up. Karena kalo liat dari gambaran umumnya, dengan beres-beres ala Konmari Method, kehidupan kita bisa berubah! 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s