Tips Konmari Method: one category at a time

Salah satu hal yang penting dalam proses menyingkirkan barang adalah: mengumpulkan seluruh barang dalam satu kategori yang sama di satu tempat. Iya. Seluuuruh barang tanpa kecuali. Supaya kita paham berapa banyak barang yang kita punya. 

Dengan meletakkan seluruh barang di satu tempat, kita juga bisa bandingin beberapa barang yang serupa, sehingga memudahkan kita dalam memutuskan apakah kita tetep pengen simpen barang-barang tersebut atau enggak. 

Marie Kondo juga punya alasan bagus lainnya, kenapa harus naro seluuuruh barang dengan kategori yang sama di satu tempat dan disebarkan di lantai sebelum memulai proses menyingkirkan barang. Dia bilang, barang yang disimpen di luar pandangan (misalnya ditumpuk di dalam lemari) itu sifatnya dorman. Jadinya bakalan lebih susah untuk menentukan apakah barang itu memercikkan kesenangan atau enggak. Sebaliknya, dengan menampakkan barang itu di bawah cahaya dan memperhatikan detail barang itu, bakalan jauh lebih mudah untuk menilai apakah barang tersebut menyentuh hati kita.

Menangani satu kategori barang dalam satu waktu juga bisa mempercepat proses beres-beres. Jadi pastikan untuk mengumpulkan seluuuruh barang dengan kategori yang sama sebelum kamu memulai proses menyingkirkan barang. Jangan sampai ada yang terlewat! 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s