A Short Story About My Career Path

Sebelum memutuskan buat menikah, aku dan PSI udah cukup sering ngobrolin soal visi kehidupan kita masing-masing. Both personal life and professional life. Termasuk salah satu diantaranya adalah tentang karir aku dan kaitannya dengan anak kelak. 

Aku pernah bilang: kalo punya anak nanti kayaknya aku bakalan berhenti kerja dulu. Bayangkan ini: meninggalkan posisi yang bagus saat karir aku lagi menanjak demi anak. Itu bakalan remarkable banget buatku. 

Dan ya, PSI mengamini visi aku karena dia juga menginginkan hal yang sama.

Kata orang.. be careful of what you wish for. Aku nggak bilang bahwa visi dan cita-cita yang aku ucapkan itu adalah hal yang bagus atau nggak bagus. Cuma, di saat udah menetapkan visi, sebaiknya emang kita harus menyiapkan diri, lahir dan batin, karena bukannya nggak mungkin visi itu menjadi kenyataan. 

Nyatanya, di saat aku punya kesempatan untuk mewujudkan visi aku itu, rasa galau tetep aja ada. Melanjutkan karir atau meninggalkan karir sama-sama punya konsekuensi yang nggak gampang untuk dihadapi. 

Salah satu hal yang bikin aku lebih mantap dalam mengambil keputusan adalah dukungan dari suami. Dia bilang, “Karir masih bisa diulang dan dimulai dari 0 lagi.. Tapi kalo mendidik anak rasanya ga bisa diulang lagi.” Hmmm.. 

Dengan dibumbui drama-drama kegalauan dan sebagainya, akhirnya per 19 Januari 2017, permohonan resign aku dikabulkan oleh perusahaan dan aku resmi jadi Stay-at-Home-Mom (SAHM).

Aku nggak bilang bahwa SAHM itu lebih baik atau working mom itu lebih baik. Keduanya pasti punya alasan masing-masing dalam menentukan keputusan. Yang pasti, seorang ibu selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk anak dan keluarganya. 

Bismillah.. Semoga pilihan hidup yang aku ambil ini berkah dan diridhoi Allah.. Aamiin ya Rabbal alamiin.. ❀

Leave a Reply

