My First Pregnancy Story #03: Morning Sickness

Selama kehamilan pertama, alhamdulillah aku nggak mengalami morning sickness yang hebat. Di trimester pertama, rasa-rasanya aku nggak pernah muntah sama sekali. Kalau mual sesekali mungkin pernah, tapi selalu bisa diatasi dengan ngemut permen gula asem 😂. Selama sarapannya nggak telat dan rajin minum susu ibu hamil sih, kayaknya aku nggak mual.. 

Sebenernya morning sickness ini adalah salah satu hal yang aku khawatirkan terjadi ke aku kalo hamil. Makanya sejak tau aku hamil, aku suka ngajak komunikasi bayi yang ada di dalam rahim aku: ‘Yang kooperatif ya De.. Bunda kerjanya di lapangan nih.. Jauh sama Ayah.. Dede sehat-sehat terus ya sama Bunda juga.. Kalo bisa jangan bikin Bunda muntah-muntah ya De.. Manjanya kalo lagi deket Ayah aja..’ And yes, it works! Dede Bayi ini kooperatif banget kalo diajak komunikasi sama Ayah Bundanya.. 

Kalo aku lagi kerja nun jauh di Halmahera sana, Dede Bayi selalu anteng dan kooperatif. Tapi kalo aku lagi off site dan bareng suami, rasanya jadi lebih gampang mual dan sensitif aja gitu, jadi gampang sedih dan bete.

Waktu hamil, terutama di trimester pertama dan kedua, aku nggak bisa banget cium bau uap nasi dari magic com. Jadi suami dengan sabarnya selalu ngambilin nasi buat aku dan nyuapin aku supaya aku bisa makan. Sebenernya kalo nyuapin sih nggak lagi hamil juga aku suka manja minta disuapin, kadang-kadang. Tapi kalo inget masa-masa ini suka jadi terharuuu 😢..

Waktu lagi hamil, aku juga suka mual kalo liat kamar mandi yang kotor atau liat kloset yang terbuka. Jadi sebelum aku off site, biasanya suami udah bersih-bersih kamar mandi dulu. Tapi kebiasaannya dia adalah suka lupa nutup kloset. Itu bikin aku bete dan sedih. Rasanya pengen nangis dan mikirnya, kenapa sih suami aku nggak pengertian banget, blablablablabla.. Sensitif banget emang, padahal kalo sekarang ini dipikir-pikir sih ya tinggal ditutup aja sih simpel.. 

Oh iya, waktu hamil juga kalo aku lagi on site, tiap mandi aku suka ngerasa mual. Tapi kalo off site aku nggak ngerasa mual tiap mandi. Rupanya gara-gara sabun. Jadi ternyata aku maunya mandi pake shower gel The Body Shop yang passion fruit.. Dan aku nggak suka pake wewangian apapun selama hamil, karena itu bikin aku mual juga.. 

Kayaknya yang paling aku inget tentang morning sickness atau mual-mualan sih itu aja ya. Selama kehamilan pertama, alhamdulillah Dede Bayi kooperatif banget. Emmm.. Pernah ada juga sih kejadian-kejadian yang bikin aku sedih dan khawatir banget sama kondisi janin aku waktu hamil. Tapi itu justru bikin ikatan antara aku, Dede Bayi, dan suami jadi makin kuat.. Nanti aku bakalan cerita lebih detail soal hal ini di blogpost selanjutnya..

Leave a Reply

