An Interview with Mr. Prassetyo

Aku selalu suka denger pendapat suami aku tentang aku. Bukan karena dia suka nyebutin hal yang bagus-bagus atau suka muji aku. Tapi justru karena dia suka ngomong apa adanya. Bikin aku makin sadar betapa aku ini hanya remah-remah roti belaka. πŸ˜‚ Tapi apapun itu, insyaa Allah kita tetep saling support dan menguatkan satu sama lain, aamiin.. 

Nah, beberapa hari yang lalu aku iseng nanyain pendapat dia tentang aku seputar perdapuran dan permasak-masakan. Aku minta dia sebutin 10 hal tentang aku. Ternyata ini dia komentarnya:

  1. You are good in preparing things. Yang sebenernya mau dia bilang adalah: ayang biasanya nyiap-nyiapin bahan dan alat, ngupas, nyuci, ngiris, ngukur, terus kalo udah siap biasanya mas yang eksekusi. πŸ™ˆ
  2. When it comes to measuring things, it’s always have to be exact. No more, no less. Jadi katanya aku ini kalo ngukur-ngukur, mau itu pake timbangan, measuring cup, atau measuring spoon, harus pas banget. 
  3. Kalo ngebumbuin, bumbunya dikit-dikit banget.
  4. Sering banget cuci tangan. Abis masukin ikan, ayam, atau daging, cuci tangan. Abis ngasih garem, cuci tangan. Abis ngasih gula, cuci tangan. 
  5. Kalo nyuci ikan, ayam, atau daging sendiri, terus masak sendiri, nanti makannya jadi sedikit. ⇨ Kalo yang ini sebenernya karena aku takut darah dan suka nggak tegaan liat hewan-hewanan mentah. 
  6. Ayang tuh sebenernya bisa ngegoreng. Tapi kalo ada Mas, Ayang mah suka: kenapa nggak Mas aja? ⇨ Hahaha you got it, Mas! πŸ™ˆ
  7. Kalo Ayang yang masak, piring kotornya pasti lebih banyak, soalnya pas nyiapin bahan makanan suka nggak boleh kecampur-campur. 
  8. Ayang prefer pake blender ketimbang ngulek kalo bikin bumbu. 
  9. Kalo nyuci bahan makanan suka teliti banget, sampe satu-satu dibersihin daunnya kalo bersihin sayuran. 
  10. Zero tolerance. Kalo nyiangin sayuran, misalnya ada kuning sedikit langsung buang. Jadinya kangkung 3 iket juga cuma dapet 1 piring kecil pas mateng. πŸ˜‚ ⇨ LOL. Asli, aku ketawa liat ekspresi dia waktu nyebutin point yang satu ini. 

    Buat aku, dengerin pendapat suami tentang aku itu bisa jadi hiburan tersendiri. Soalnya suami aku kalo nggak dipancing tuh ngomongnya irit atau ngobrolinnya hal-hal yang serius. Jadi emang harus akunya yang talkative

    Sambil cari hiburan, sambil self reflection juga, yess? You know me so well, Mas! 😹 Semoga dengan segala kekurangan dan keanehan istrinya ini, Mas tetep sayang sama istrinya. Aamiin ya Rabbal alamiin.. 

    Room on the Broom

    Kali ini aku mau review tentang story book yang aku beli dari jastip Big Bad Wolf (BBW). Judul buku ini adalah Room on the Broom, dimana author nya adalah Julia Donaldson yang terkenal dengan story book untuk anak-anak, dan illustrator nya adalah Axel Scheffler

    Sejujurnya aku pun masih galau ya tentang bacain cerita fiksi ke anakku. Takutnya kalo baca cerita fiksi, nanti anak jadi susah ngebedain hal yang sifatnya real dengan hal yang sifatnya fantasi. Tapi terlepas dari kategori ceritanya yang fiktif, sebenernya cerita Room on the Broom ini punya moral of the story yang bagus menurutku. 

    Kalo yang aku dapet, pesan moral dari cerita ini adalah tentang kedermawanan, persahabatan, kerja sama, dan pesan untuk nggak gampang menyalahkan orang lain di saat sesuatu yang buruk terjadi. 

    Ilustrasi dari buku cerita ini bagus, pesan moralnya bagus, dan kalimat dalam berceritanya rhyming.. Rating nya di Goodreads adalah 4.4/5 dan buku ini masuk dalam jajaran New York Times Best Seller. Gimana, bagus kan? Semoga review dari aku ini bermanfaat ya! 

    A Short Story About My Career Path

    Sebelum memutuskan buat menikah, aku dan PSI udah cukup sering ngobrolin soal visi kehidupan kita masing-masing. Both personal life and professional life. Termasuk salah satu diantaranya adalah tentang karir aku dan kaitannya dengan anak kelak. 

    Aku pernah bilang: kalo punya anak nanti kayaknya aku bakalan berhenti kerja dulu. Bayangkan ini: meninggalkan posisi yang bagus saat karir aku lagi menanjak demi anak. Itu bakalan remarkable banget buatku. 

    Dan ya, PSI mengamini visi aku karena dia juga menginginkan hal yang sama.

    Kata orang.. be careful of what you wish for. Aku nggak bilang bahwa visi dan cita-cita yang aku ucapkan itu adalah hal yang bagus atau nggak bagus. Cuma, di saat udah menetapkan visi, sebaiknya emang kita harus menyiapkan diri, lahir dan batin, karena bukannya nggak mungkin visi itu menjadi kenyataan. 

    Nyatanya, di saat aku punya kesempatan untuk mewujudkan visi aku itu, rasa galau tetep aja ada. Melanjutkan karir atau meninggalkan karir sama-sama punya konsekuensi yang nggak gampang untuk dihadapi. 

    Salah satu hal yang bikin aku lebih mantap dalam mengambil keputusan adalah dukungan dari suami. Dia bilang, “Karir masih bisa diulang dan dimulai dari 0 lagi.. Tapi kalo mendidik anak rasanya ga bisa diulang lagi.” Hmmm.. 

    Dengan dibumbui drama-drama kegalauan dan sebagainya, akhirnya per 19 Januari 2017, permohonan resign aku dikabulkan oleh perusahaan dan aku resmi jadi Stay-at-Home-Mom (SAHM).

    Aku nggak bilang bahwa SAHM itu lebih baik atau working mom itu lebih baik. Keduanya pasti punya alasan masing-masing dalam menentukan keputusan. Yang pasti, seorang ibu selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk anak dan keluarganya. 

    Bismillah.. Semoga pilihan hidup yang aku ambil ini berkah dan diridhoi Allah.. Aamiin ya Rabbal alamiin.. ❀

    Panda Bear, Panda Bear, What Do You See?Β 

    Satu lagi buku yang aku beli dari jastip Big Bad Wolf (BBW) datang! Buku ini cukup banyak diminati dan sayangnya aku kebagian yang udah sisa-sisa. Jadinya kondisi buku yang aku terima nggak 100% mulus. Jastip aku pun cuma dapet satu buku aja untuk judul ini. Dan sayangnya dia nggak bilang dari awal kalo kondisi bukunya ada defect sedikit. Agak patah hati awalnya. Tapi mengingat content dari buku ini bagus, jadi jangan sedih lagi yesss.. 

    Buku yang bakalan aku review ini judulnya Panda Bear, Panda Bear, What Do You See? by Bill Martin Jr. (author) dan Eric Carle (illustrator). 

    Buku ini punya fitur slide and see. Jadi kalo kamu geser-geser bagian kotak di sebelah kanan bawah dari buku ini, kamu bisa nemu tulisan atau gambar hewan-hewan. Buku ini sendiri merupakan versi interaktif dari buku klasik pendahulunya: Brown Bear, Brown Bear, What Do You See? yang author nya adalah Bill Martin Jr. dan illustrator nya adalah Eric Carle. 

    Berhubung buku yang aku beli ini jenisnya board book, jadi halaman bukunya tebel-tebel dan nggak perlu khawatir disobek sama anak bayi.. 
    Yang aku suka dari buku ini, pertama karena ini adalah buku yang interaktif, jadi aku bisa lebih banyak melibatkan anakku. Dia nggak cuma denger aku ceritain isi bukunya, tapi juga bisa ikutan geser-geser bagian slide and find nya. 

    Kedua, pastinya aku suka banget sama ilustrasi buatan Eric Carle yang khas. For your information: Eric Carle ini salah satu children book author favoritnya aku! 😍 Selalu suka pokoknya sama karya-karyanya Eric Carle.. 

    Ketiga, kalimat-kalimat dalam buku ini cukup sederhana, dengan repetisi yang jadi ciri khasnya Bill Martin Jr. dan Eric Carle. Gambar-gambarnya juga gede banget. Bisa sekalian buat ngenalin nama-nama hewan jugaaa.. Cocok deh buat anak-anak yang suka picture book.. 

    Rating dari Goodreads untuk buku ini adalah 4.2/5 ya. Hmmm.. Tempting kan? 😁 Oke, segitu dulu ya review buku dari aku kali ini. Kalo ada buku-buku anak lainnya yang bagus, kamu kasih tau aku yaaa.. Hihihi.. 

    Cat by Matthew Van Fleet πŸ±

    Aaaaa.. I’m too excited to write a review of this one book. Kali ini aku mau review buku yang judulnya Cat, by Matthew Van Fleet. 🐱🐱🐱Alhamdulillah.. Akhirnya yah! Kesampean juga punya buku ini. 

    Kalo kamu belum tau, aku kasih tau sekarang ya.. Matthew Van Fleet itu salah satu children book author favoritnya akuuu! 

    Dari mana aku dapetin ini? Dari Big Bad Wolf (BBW)! Thanks to BBW to make my dream comes true! Kalo bukan karena dijual di BBW, kayaknya aku nggak bakalan beli buku ini karena original price nya kalo di-kurs-in ke Rupiah itu jatohnya jadi 350.000 lebih.. 😨 Nggak kuaaat! 

    Buku ini adalah salah satu hot items di BBW. Larisss manisss banget jadi rebutan semua orang. Aku sampe berburu banget dari jastip satu ke jastip lainnya buat dapetin satu buku ini. Harus banget dapet karena aku suka Matthew Van Fleet dan karena anak bayi sukaaa banget sama kucing. 

    Oke kita bahas isi buku ini ya.. Ini buku paket komplit menurutku. Multi konsep banget. Ada push the tab, touchy feely textures, pull the tab, press the button, dan interactive surprises! Gambar-gambarnya real pic, dengan fotografernya Brian Stanton

    Ini fitur push the tab nya. Kalo kamu tekan di bagian arrow-nya, tangan si kucing bakalan gerak-gerak naik turun buat ngambil ball of yarn. Too cute! 

    Kalo ini fitur press the button. Tombol merah itu, kalo diteken bisa bunyi cit cit cit. Bukan cuma kucing yang suka squeaky toys. Anak bayi juga sukaaa! πŸ˜… Ini fitur favoritnya anak akuuu.. 

    Di beberapa halaman bukunya bisa expandable juga ya..

    Ini fitur pull the tab. Kalo kamu tarik bagian arrow-nya, ekor si kucing bakalan gerak-gerak ke kanan dan ke kiri. 

    Masih dengan fitur pull the tab, kalo kamu tarik bagian arrow-nya, surpriiise! Akan ada kucing cute yang keluar dari sepatu boots

    Yang nggak kalah menarik juga, ada fitur touchy feely textures. Keliatan kan ekor kucing warna kuning yang berbulu halus dan badan kucing warna kecoklatan yang berbulu ikal? Sukaaa! 

    Terakhir, ada foto para kucing-kucing tadi dengan disertai nama dan spesiesnya.. Menarik banget kan yaaa? FYI, rating nya di Goodreads adalah 4.33/5. πŸ˜€ Semoga pembahasan buku ini bermanfaat ya buat kamuuu! 

    Montessori: Map Work

    Akhirnya kita sampai ke buku Montessori yang keempat: Map Work

    Entah karena kurang informasi atau emang sebelumnya aku nggak terlalu merhatiin, aku pribadi sih cukup jarang ngeliat buku pengenalan peta untuk anak-anak. Jadi ini adalah buku pengenalan peta untuk anak yang pertama kali aku liat ya.. 

    Pertama-tama, kita disajikan gambar bumi yang berbentuk bulat. Dan kita dikasih tau bahwa bumi itu terdiri dari daratan dan lautan. 

    Selanjutnya kita diberikan ilustrasi mengenai benua dan samudra. 

    Masing-masing benua ditampilkan sebagai berikut:

    1. Dengan menggunakan warna yang berbeda-beda. 
    2. Dicetak dengan tekstur tertentu sehingga bisa diraba. 
    3. Dilengkapi dengan hewan-hewan khas benua tersebut sebagai referensi. 

    Dengan mendengar, meraba, dan berinteraksi, diharapkan anak-anak akan memperoleh kemampuan geografis yang sesuai dengan usianya dan memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai tempat dimana mereka berada di dunia ini dengan cara Montessori. 

    Oke.. Done ya sharing tentang buku Montessori nya.. Kalo ada buku lainnya yang menurut kamu keren dan kamu pengen aku bahas buku itu di blog, kasih tau aku ya! 

    Oh ya, kalo untuk buku-buku Montessori nya, barangkali kamu tertarik tapi nggak tau mau beli dimana, kamu bisa cek instagram @bebacaan karena mereka jual buku-buku ini.. Sampai ketemu di blog post selanjutnyaaa! 🐹

    Montessori: Shape Work

    Yeiy, giliran buku Montessori ketiga buat dibahas: Shape Work!


    Buku pengenalan bentuk emang ada beragam banget di luar sana. Mau tau apa aja yang bikin buku ini spesial? Sebelumnya, aku ingatkan sekali lagi ya, bahwa prinsip dari pembelajaran dengan metode Montessori adalah fokus pada hal yang kongkrit sebelum memperkenalkan hal yang abstrak. 

    Pertama-tama, secara kongkrit anak akan diajak untuk meraba garis luar dari suatu bentuk untuk memahami persamaan dan perbedaan dari masing-masing bentuk tersebut. Selanjutnya, anak akan mengenali suatu bentuk yang diilustrasikan sebagai bagian dari objek di dunia nyata. 

    Misalnya segitiga sama kaki akan diasosiasikan dengan pohon cemara. Dan segitiga sama sisi diasosiasikan dengan bentuk atap rumah. Pada akhirnya, anak akan mempelajari nama-nama bentuk tersebut. 

    Masing-masing bentuk ditampilkan sebagai berikut:

    1. Sesuai dengan kategorinya: ada segitiga, lingkaran, paralelogram, dan poligon
    2. Garis luar dari suatu bentuk dicetak dengan tekstur glossy sehingga bisa diraba
    3. Dilengkapi dengan ilustrasi bentuk di dunia nyata sebagai referensi

    Dengan mendengarkan, menjawab, dan meraba setiap halaman pada buku ini, diharapkan anak akan memperoleh kemampuan matematis dan kemampuan spasial dengan cara Montessori. 

    Mudah-mudahan pembahasan soal buku ini bisa bermanfaat buat kamu ya.. Kalo kamu penasaran sama buku ini, kamu bisa langsung cek instagram @bebacaan πŸ˜€ Tinggal satu buku Montessori lagi yang belum dibahas. Keep reading ya! 

    Montessori: Number Work

    Beralih ke buku Montessori yang kedua: Number Work

    Buku ini mengenalkan angka dengan cara yang berbeda dengan buku pengenalan angka lainnya. Prinsip pengajaran dengan cara Montessori adalah fokus pada hal yang kongkrit terlebih dahulu sebelum mengenal hal yang abstrak. 

    Dalam hal ini, sebagai contoh, simbol angka “3” merupakan sesuatu yang abstrak bagi anak-anak. Maka pertama-tama kita harus membuat anak kita familiar dengan bagaimana rasanya dan bagaimana kelihatannya suatu objek yang berjumlah tiga buah, sebelum mengenalkan simbol angka “3” pada mereka. 

    Masing-masing angka yang dikenalkan dalam buku ini ditampilkan sebagai:

    1. Kuantitas untuk dihitung, berupa gambar suatu objek
    2. Tekstur berbentuk angka untuk diraba
    3. Nama dan number rod (batang angka) yang sesuai dengan konteks angka yang dikenalkan

      Melalui mendengar, menjawab, dan meraba angka-angka di setiap halaman, diharapkan anak akan memperoleh kemampuan matematis yang tak ternilai dengan cara Montessori. 

      Gimana? Makin tertarik sama buku-buku Montessori kan? Kalo kamu mau beli buku ini, aku kasih referensi ya.. Silakan kamu liat Instagram @bebacaan aja langsung. Tunggu sharing buku selanjutnya dari aku yaaa! 🐧

      Montessori: Letter Work

      Sesuai janji aku di blog post sebelumnya, kali ini aku mau sharing tentang buku Montessori yang pertama, yaitu Letter Work

      Sebelum memulai pengenalan huruf, pertama-tama buku ini memberikan arahan mengenai cara penggunaan buku ini. Keliatan kan halaman buku sebelah kanan di foto di bawah ini? Kita diajakin meraba-raba aneka macam garis yang digunakan untuk membentuk huruf-huruf. Bukan cuma ada panah buat nunjukin arah gerakan, tapi si garis-garis ini juga punya tekstur yang mirip sama sandpaper

      Berbeda sama buku pengenalan huruf pada umumnya, di buku ini huruf-huruf dikenalkan bukan berdasarkan urutan alfabet. Melainkan berdasarkan gerakan yang dibuat saat kita menuliskan huruf-huruf tersebut. 

      Masing-masing huruf yang diperkenalkan dilengkapi dengan:

      1. Fonetik untuk diucapkan
      2. Tekstur huruf untuk diraba
      3. Gambar dan kata yang sesuai dengan konteks huruf, sebagai referensi

      Dengan mendengarkan bunyi huruf yang diucapkan, meraba bentuk huruf, dan menebak contoh kata yang diawali dengan huruf yang diperkenalkan, harapannya anak-anak akan memperoleh kemampuan pra-baca tulis yang tak ternilai. 

      Kalo kamu tertarik sama buku ini, kamu bisa beli secara online di Instagram @bebacaan ya.. Semoga sharing kali ini bermanfaat buat kamu! 🐧

      Buku Montessori

      Dalam rangka Hari Buku Sedunia yang jatuh tepat di hari ini (23 April), aku mau review (atau mungkin lebih tepatnya sharing aja sih) tentang beberapa buku ya.. 

      Ini adalah buku Montessori untuk anak. Ada beberapa judul yang berbeda ya di seri ini.. Diantaranya:

      1. Montessori: Letter Work
      2. Montessori: Number Work
      3. Montessori: Shape Work, dan 
      4. Montessori: Map Work

      Author dari buku-buku Montessori ini adalah Bobby George. Di luar sana ada banyak banget buku pengenalan huruf, angka, dan bentuk-bentuk. Terus kenapa buku-buku ini spesial? Yang pasti, salah satu alasannya adalah karena buku ini menggunakan pendekatan Montessori. Baik huruf, angka, bentuk, dan peta yang dikenalkan di buku-buku ini, semuanya dicetak dengan tekstur tertentu. Jadi bisa banget untuk disentuh-sentuh! Menarik, kan? Nggak heran kalau rating buku-buku ini di Goodreads selalu di atas 4🌟.. 

      Keempat judul buku di atas bakalan aku bahas satu per satu dengan lebih detail di blog post selanjutnya ya.. Keep reading! 🐧